Pendidikan Akhlak dari Kisah Nabi Adam as yang Terdapat Dalam Al-Quran

ALDINO SAPUTRA, - (2018) Pendidikan Akhlak dari Kisah Nabi Adam as yang Terdapat Dalam Al-Quran. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cov, perst,abs.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text
Gabungan Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan skripsi ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat, yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Merosotnya moral muslim masih nampak jelas di dalam kehidupan sehari-hari seperti pergaulan bebas, tindak kriminal, kekerasan dan lain-lain yang tidak sesuai dengan Pendidikan Agama Islam. Ajaran Agama Islam semestinya, Pendidikan Agama Islam dapat berfungsi untuk memperbaiki kemerosotan akhlak tersebut, salah satunya dengan mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kisah-kisah Nabi yang tercantum di dalam Al-Qur’an seperti Kisah Nabi Adam, Penulis memilih Kisah Nabi Adam as, yang di dalamnya terdapat pendidikan akhlak di dalam kisahnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan akhlak yang terdapat dari kisah Nabi Adam as yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Batasan Masalah adalah ayat-ayat yang terkait kisah Nabi Adam as dalam surat al-Baqarah ayat 31-38, surat al-A’raf ayat 19-25 dan surat al-Maidah ayat 27-31 dan pendidikan akhlak dari kisah Nabi Adam as. Penilitian ini bertujuan untuk menjelaskan ayat-ayat yang terkait kisah Nabi Adam dan menjelaskan pendidikan akhlak dari kisah Nabi Adam as. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan yaitu pengumpulan data terhadap buku-buku yang ada relevansinya dengan masalah yang diteliti, dengan menggunakan metode tafsir yaitu metode maudhu’i (tematik), dengan cara menentukan topik permasalahan yang akan dibahas, mencari kata kunci, mengumpulkan ayat-ayat yang berhubungan dengan topik, menjelaskan maksud ayat , menulis kesimpulan, sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu sunber data primer dan sumber data sekunder, yang menjadi sumber data primer adalah Al-Qur’anul Karim, sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku yang berhubungan dengan pendidikan akhlak, kisah Nabi Adam. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara membaca dan menelaah kitab dan buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Adapun hasil penelitian, dan analisis, maka diperoleh hasil yaitu: 1). Ayat- ayat yang terkait kisah Nabi Adam as dalam surat al-Baqarah: 31-38, surat alA’raf: 19-25 dan surat al-Maidah: 27-31 2). Pendidikan Akhlak dari Kisah Nabi Adam as, a). Pendidikan Akhlak rendah hati dalam kisah Nabi Adam as (Kajian surat al-Baqarah: 34. b). Pendidikan Akhlak larangan sombong dan merasa paling mulia (Kajian surat al-A’raf: 12). c). Pendidikan Akhlak Taubat dalam kisah Nabi Adam as (Kajian Surat al-A’raf: 23). d). Pendidikan Akhlak menumbuhkan sifat taqwa, ikhlas dan ridha (Kajian Surat al-Maidah: 27). e). Pendidikan Akhlak menumbuhkan sifa tidak dendam (Kajian Surat al-Maidah: 28).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:00
Last Modified: 11 Sep 2019 00:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item