AZHARUL FUADDI, - (2018) AZHARUL FUADDI. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
Cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (533kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (344kB) |
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text
skripsi gabungan keseluruhan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah menipisnya rasa hormat, kasih sayang, dan sopan santun kepada guru dan orang tua yang seharusnya ada pada diri seorang peserta didik. Hal ini hampir tidak terlihat lagi dalam proses pembelajaran saat ini. Bahkan banyak para pelaku pendidikan mengatakan bahwa tingkat kenakalan anak usia sekolah di era modern saat sekarang ini melebihi batas yang sewajarnya. Oleh sebab itu berbagai pemikiran akhlak dari tokoh etika di kalangan ulama semestinya dikenal lebih jauh untuk dijadikan acuan sebagai legitimasi dalam bersikap atau berperilaku. Dalam hal ini, penulis memfokuskan penelitian pada empat batasan masalah, yakni: 1) Pengertian Pendidikan Akhlak menurut Faidh Kasyani, 2)Bentuk akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah menurut Faidh Kasyani, 3) Metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak menurut Faidh Kasyani, 4) Akhlak guru dan murid dalam pendidikan menurut Faidh Kasyani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Faidh Kasyani tentang pendidikan akhlak, mendeskripsikan bentuk akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah menurut Faidh Kasyani, menjelaskan metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak menurut Faidh Kasyani, dan untuk menjelaskan akhlak guru dan murid dalam pendidikan akhlak menurut Fiadh Kasyani. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi dua yaitu: Data primer berupa buku “Etika Islam Menuju Evolusi Diri” sebuah kitab terjemahan dari kitab aslinya Al-Haqaiq fi Mahasin Al-Akhlaq yang diterjemahkan oleh Husain Al-Kaff serta data sekunder Etika (Ilmu Akhlak), Pengantar filsafat pendidikan Islam, Ilmu Akhlak, Studi Akhlak, Meneladani Akhlak Nabi, Metode penelitian, Metode penelitian kepustakaan, Studi tokoh, beserta artikel-artikel, jurnal, makalah, kamus, serta buku-buku yang memiliki relevansi dan signifikansi dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah, (1) Pendidikan Akhlak menurut Faidh Kasyani adalah tujuan dari pendidikan itu sendiri. Artinya suatu proses pembinaan kualitas yang ada pada jiwa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh melalui berbagai metode untuk membentuk akhlak yang mulia. (2) Ada beberapa macam akhlak mahmudah menurut Faidh Kasyani antara lain: sabar, ridha, syukur, tawakkal, kejujuran, taubat, serta khauf dan raja’ dan beberapa macam akhlak madzmumah antara lain: amarah, hasud, riya’, angkuh, dan bangga diri. (3) Metode yang digunakan dalam mendidik akhlak menurut Faidh Kasyani antara lain: metode olah jiwa, metode pembiasaan, metode pemahaman dan keyakinan, serta metode keteladanan dan pergaulan. (4) Bahwasanya akhlak guru dalam pendidikan adalah memiliki niat yang ikhlas dan mengajarkan ilmu kepada yang berhak menerima dan akhlak murid dalam pendidikan haruslah membersihkan diri dari berbagai akhlak tercela dengan berbagai metode seperti metode olah jiwa, metode pembiasaan, metode pemahaman dan keyakinan, serta metode keteladanan dan pergaulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pendidikan Agama Islam pai |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 23:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 23:57 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2695 |
Actions (login required)
View Item |