Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MTs N 4 Padang Pariaman

MELISA ZULKAR MAITENINGSIH, - (2018) Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MTs N 4 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
cover,persetujuan,abstrak.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

udul skripsi ini adalah Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MTs N 4 Padang Pariaman, ditulis oleh Melisa Zulkar Maiteningsih. NIM. 1414010493 Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi ini ditulis tahun 2018 dengan jumlah halaman 78. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 4 Padang Pariaman tahun ajaran 2017/2018 yang diperkuat dengan hasil belajar peserta didik sebagian besar belum mencapai KKM, (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Metode Pembelajaran Hypnoteaching pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar pesertadidik pada mata pelajaran SKI di MTs N 4 Padang Pariaman? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuigambaran pelaksanaan metode hypnoteaching pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs N 4 Padang Pariaman,gambaran motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs N 4 Padang Pariaman, pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MTs N4 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimensemu(Quasi Experimental Research).Adapun sampel dalam penelitian ini adalah VIII.3 sebagai kelas kontrol adalah VIII.4 sebagai kelas kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode hypnoteaching dimulai dengan niat dan motivasi, pacing, leading, menggunakan kata-kata positif, memberikan pujian, modeling, dan menyampaikan materi secara kontekstual.Motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen frekuensi terbanyak pada kategori sangat tinggi yang berada pada kelas interval 86 - 90 dengan frekuensi 13 orang dan untuk pencapain motivasi secara keseluruhan kelas eksperimen adalah 84,21 %. Metodehypnoteaching dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rumus r xy ( 0,3634 ) lebih besar dari pada hasil perhitungan tabel ( r ) pada taraf yaitu signifikansi 5 % (0.3494)yang berarti metode hypnoteachingsangat signifikan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MTs N 4 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 07:12
Last Modified: 06 May 2019 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item