Perbedaan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Metode Kooperatif Tipe Listening Team Dengan Tipe The Power Of Two Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo

ZURYATI, - (2018) Perbedaan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Metode Kooperatif Tipe Listening Team Dengan Tipe The Power Of Two Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text (COVER)
cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
bab IV Perbaikan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V perbaikan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (986kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Perbedaan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam antara Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team dengan Tipe The Power Of Two Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo”, ditulis oleh Zuryati, NIM 1414010666 jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PAI peserta didik pada kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal tahun ajaran 2017/2018, yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75, dari 253 orang peserta didik hanya 30% diantaranya yang mencapai nilai standar yaitu ≥ 75, sedangkan 70% lainnya belum mencapai nilai yang diharapkan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe the power of two pada mata pelajaran PAI. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) gambaran pretest kelas eksperimen, (2) gambaran pretest kelas kontrol, (3) gambaran postest kelas eksperimen, (4) gambaran postest kelas kontrol, (5) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) antara metode pembelajaran kooperatif tipe listening team dengan tipe the power of two pada kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar PAI peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode the power of two lebih baik dari hasil belajar PAI peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode listening team pada materi pokok nikmatnya menuntut ilmu dan indahnya berbagi pengetahuan pada peserta didik kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian randomize control group only desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal tahun ajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan sampel, digunakan tekhnik cluster random sampling (teknik acak berkelompok) yaitu populasi dibagi menjadi beberapa kelompok dan kelompok-kelompok yang diperlukan diambil dengan proses pengacakan. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X IPA 3 dan kelas kontrol adalah kelas X IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen adalah 80 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol adalah 73,6. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 76,67%, sedangkan pada kelas kontrol 53%. Setelah dilakukan hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi 16 diperoleh thitung < ttabel (0,000 < 0,025) dengan dengan α = 0,025 maka keputusannya adalah ditolak dan diterima. yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode listening team dengan metode the power of two pada pelajaran PAI peserta didik kelas X SMAN 1 Tanah Sepenggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 03 May 2019 02:03
Last Modified: 03 May 2019 02:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item