RANI KARNILA, - (2018) Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur'an di MTsN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text (COVER)
Cover dkk.pdf - Published Version Download (577kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
Text (BABIII)
BAB III.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (256kB) |
|
Text (FULL TEKS)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah 1 Padang Pariaman” yang disusun oleh Rani Karnila, NIM 1414010635 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang di temukan di Madrasah Tsanawiyah 1 Padang Pariaman dalam Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur’an, minat dan motivasi peserta didik dalam menghafal al-Qur’an tergolong rendah. Peserta didik menghafal bukan atas kemauannya melainkan karna tuntutan program di Madrasah, hal ini dilihat dari adanya peserta didik tidak menyetor ayat sesuai waktu yang ditentukan dan cabut saat jam Tahfiz al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan rendahnya motivasi peserta didik dalam menghafal al-Qur’an dengan melihat: 1) Perencanaan. 2) Pelaksanaan. 3) Faktor pendukung dan penghambat. 4) Evaluasi program ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur’an di MTsN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Tahfiz al-Qur’an. Adapun yang menjadi sumber data adalah kepala Madrasah, wakil kesiswaan, guru pembina Tahfiz al-Qur’an dan peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan yaitu penentuan tujuan, peserta didik bisa membaca dan menghafal al-Qur’an. Menentukan target yang ingin dicapai, kelas VII surat al-Insyirah sampai dengan surat An-nas, kelas VIII surat al-Mutafifin sampai dengan al-A’la , kelas IX fokus pada surat ar-Rahman. Menentukan kapan dan dimana program dilaksanakan, yaitu di MTsN 1 Padang Pariaman terdiri dari 18 kelas setiap hari Senin dan Selasa, Pukul 14:20. Menentukan siapa Pembina Tahfiz al-Qur’an, yaitu seluruh guru PNS Madrasah. 2) Pelaksanaan pembina memberi penugasan, Muraja’ah, tes serta pemberian motivasi. 3) Faktor pendukung pelaksanaan adanya dukungan seluruh guru Madrasah, orangtua peserta didik serta sarana dan prasarana Madrasah. Faktor penghambat, pertama waktu pelaksanaan setelah selesai proses belajar mengajar mengakibatkan kosentrasi peserta didik dalam menghafal alQur’an terganggu. Kedua, Pembina tahfiz bukan profesional al-Qur’an. Ketiga, kesulitan peserta didik dalam menghafal. Keempat, lupa terhadap ayat-ayat yang sudah dihafal. 4) Evaluasi program pernah dilaksanakan pihak Madrasah namun belum terlaksana secara berkelanjutan, sedangkan evaluasi proses dan evaluasi hasil dilaksanakan menggunakan tes setoran harian, aspek yang dinilai kelancaran hafalan, tajwid, fashahah dan akhlak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2019 02:04 |
Last Modified: | 03 May 2019 02:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2669 |
Actions (login required)
View Item |