METODE PENDIDIKAN AQIDAH DALAM SURAT AL-ANBIYA AYAT 58-67

DARWIN, POTI ASMARANI (2018) METODE PENDIDIKAN AQIDAH DALAM SURAT AL-ANBIYA AYAT 58-67. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover, persetujuan pembimbing, Abstrak.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Poti Asmarani, NIM 1314010851, Metode Pendidikan Aqidah dalam Surat Al-Anbiya ayat 58-67. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang,2018. Penulisan skripsi ini dilatarbelakagi oleh kondisi umat Islam saat ini yang sangat memprihatikan seperti kurangnya pemahaman terhadap Akidah Islam sehingga banyak ditemukan saat ini masyarakat sudah diperbudak oleh dunia.Mereka terbius berbagai kotoran pemikiran materialisme (segala-galanya diukur dengan materi), sehingga apabila mereka diajak untuk menghadiri pengajian-pengajian yang membahas ilmu agama, mereka pun malas karena menurut mereka hal itu tidak bisa menghasilkan keuntungan materi. mereka meninggalkan shalat karena pekerjaannya. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian Pendidik dan penanaman nilai-nilai Islam kepada mereka. Sehingga hal ini akan mengakibatkan tumbuhnya sebuah generasi yang tidak memahami akidah yang benar dan tidak mengerti perkara-perkara yang bertentangan dengan akidah. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana metode pendidikan Aqidah yang terdapat dalam surat Al-Anbiya ayat 58-67. Adapun yang menjadi batasan masalahnya yaitu: 1). Metode Mengajak berdialog 2). Mematahkan semua argumen yang salah. 3). Mengingatkan akibat salah dalam Aqidah. Tujuan yang ingin dicapaikan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan metode-metode pendidikan Aqidah yang terdapat dalam surat Al-Anbiya ayat 58-67, yaitu: mengajak berdialog, mematahkan semua argumen yang salah, dan mengingatkan akibat salah dalam Akidah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau (Library Research), yang fokus pada mengkaji literatur-literatur yang ada di pustaka. Penelitian kepustakaan adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Metode tafsir yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudhu’i atau yang disebut dengan metode tematik. Metode maudhu’i adalah metode yang menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tema tertentu. Adapun hasil telaahan dan analisis, serta pengolahan data dari berbagai sumber, maka diperoleh hasil bahwa metode pendidikan Aqidah yang terdapatdalam surat Al-Anbiya ayat 58-67 yang pertama mengajak berdialog, ke dua mematahkan semua argumen yang salah, dan ketiga mengingatkan salah dalam akidah.Nabi Ibrahim menggunakan beberapa metode dalam menegakkan Akidah kaumnya seperti menghancurkan berhala-berhala sembahan mereka dengan harapan mereka akan kembali kepadanya untuk menanyakan mengapa beliau melakukannya dan itu memberi Nabi Ibrahim peluang untuk membuktikan kesesatan kepercayaan mereka.pendekatan yang dilakukan. Apa yang dilakukan Nabi Ibrahim merupakan upaya untuk mencegah kemungkaran dengan tangan beliau. Nabi Ibrahim pribadi yang sangat berani dan tidak takut resiko demi menegakkan kalimat Tauhid di tengah-tengah kaumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:23
Last Modified: 10 Oct 2018 01:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item