Pengembangan Media Google Slides Berbantuan Pear Deck Terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an KELAS VIII DI SMPN 1 SAWAHLUNTO

Rahmi Nancy, Laila (2024) Pengembangan Media Google Slides Berbantuan Pear Deck Terhadap Kemampuan Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an KELAS VIII DI SMPN 1 SAWAHLUNTO. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (FILE COVER-DAFTAR ISI)
FILE COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (487kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (fulltext)
FULL-TEKS SKRIPSI LAILA RAHMI NANCY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penulisan Skripsi ini adalah keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan al-Qur’an di SMPN 1 Sawahlunto belum memanfaatkan secara optimal media berbasis IT (Information Technology) namun masih dominan menggunakan buku teks dan papan tulis. Metode pengajaran yang digunakan Pendidik cenderung tidak variatif, dengan di dominasi metode ceramah, sistem setoran hafalan dan tanya jawab sederhana. Media kurang mendukung interaksi dengan Peserta Didik dan sumber belajar yang terbatas hanya pada buku paket. Dengan demikian Peserta Didik cenderung kurang berminat dalam belajar dan pemahaman materi menjadi kurang optimal serta tidak dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dan mengetahui pelaksanaan, validitas, praktikalitas, serta efektivitas media Google Slides berbantuan Pear Deck terhadap kemampuan pemahaman materi pada mata Pelajaran al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four D (4D) yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Untuk pengolahan data dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas media dengan menggunakan instrument berupa angket penilaian dan hasil yang diperoleh kemudian diuraikan berdasarkan kriteria interpretasi skor dalam bentuk persentase. Berdasarkan proses pengolahan data yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan hasil yang didapat sebesar 4,4 atau 88% dari ahli media pertama tahap pertama dengan kategori “Sangat Valid”, 4,6 atau 92% dari ahli media kedua tahap pertama dengan kategori “Sangat Valid”. Setelah melakukan revisi pada media tahap pertama, peneliti memperlihatkan kembali media tersebut kepada ahli media untuk direvisi dan hasil yang didapatkan yaitu 4,8 atau 96% dari ahli media pertama pada tahap kedua dengan kategori penilaian “Sangat Valid”, 4,7 atau 94% dari ahli media kedua pada tahap kedua dengan kategori penilaian “Sangat Valid”, 4,7 atau 94% dari ahli materi pertama dengan kategori penilaian “Sangat Valid”, 4,6 atau 92% dari ahli materi kedua dengan kategori penilaian “Sangat Valid”. Untuk praktikalitas oleh Pendidik Pendidikan al-Qur’an diperoleh penilaian rata-rata sebesar 4,38 atau 87% dengan kategori penilaian “Sangat Praktis” dan praktikalitas oleh Peserta Didik diperoleh penilaian rata-rata 4,49 atau 90% dengan kategori penilaian “Sangat Praktis”. Secara keseluruhan produk media Google Slides berbantuan Pear Deck kelas VIII di SMPN 1 Sawahlunto sudah “Sangat Valid” dan “Sangat Praktis” Pada uji N-Gain dihasilkan 0,59 yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman materi dengan kategori “Sedang” Kata Kunci : Pengembangan media, Google Slides, Pear Deck, Pendidikan al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, Google Slides, Pear Deck, Pendidikan Al-Qur'an
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Sep 2024 19:11
Last Modified: 11 Sep 2024 19:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item