Wahyuni, Resti (2024) Muatan Lokal Keminangkabauan “Sumbang Duo Baleh" Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik di SD Negeri 26 Jati Utara Kec. Padang Timur Kota Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
RESTI WAHYUNI NIM 2020010034 COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
RESTI WAHYUNI NIM 2020010034 BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text (BAB III)
RESTI WAHYUNI NIM 2020010034 BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
RESTI WAHYUNI NIM 2020010034 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text (FULL TEXT)
RESTI WAHYUNI NIM 2020010034 FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tesis ini berjudul Muatan Lokal Keminangkabauan “Sumbang Duo Baleh Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik di SD Negeri 26 Jati Utara Kec. Padang Timur Kota Padang oleh Resti Wahyuni NIM 2020010034 Jurusan Pendidikan Agama Islam Program S2 Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang 2023/2024. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda yang cerdas dan berintegritas. Di Indonesia, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui integrasi muatan lokal dalam kurikulum pendidikan, termasuk pengajaran nilai-nilai budaya Keminangkabauan. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan muatab lokal keminangkabauan pada konsep "Sumbang Duo Baleh" dalam pembinaan karakter siswa di SD Negeri 26 Jati Utara, Kota Padang. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah Yakini: (1) Bagaimana tingkat pemahaman dan keterampilan guru di SD Negeri 26 Jati Utara dalam mengajarkan nilai-nilai religious dan gotong royong yang terkandung dalam “Sumbang Duo Baleh. (2) Bagaimana metode pengajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan nilai-nilai religious dan gotong royong yang terdapat dalam “Sumbang Duo Baleh”. (3) Bagaimana pengaruh muatan lokal Keminangkabauan “Sumbang Duo Baleh” terhadap pembinaan karakter dimensi religious peserta didik di SD Negeri 26 Jati Utara. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi tingkat pemahaman dan keterampilan guru dalam mengajarkan nilai-nilai religious dan gotong royong yang terkandung dalam “Sumbang Duo Baleh” di SD Negeri 26 Jati Utara. Menelaah metode pengajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan nilai-nilai religious dan gotong royong dari “Sumbang Duo Baleh” kepada peserta didik di SD Negeri 26 Jati Utara. Mengetahui pengaruh penerapan muatan lokal “keminangkabauan” “Sumbang Duo Baleh” terhadap pembinaan karakter dimensi religious peserta didik di SD Negeri 26 Jati Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di kelas, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman dan keterampilan guru dalam mengajarkan nilai-nilai "Sumbang Duo Baleh" bervariasi. Beberapa guru memiliki pemahaman yang mendalam, namun sebagian lainnya masih menghadapi kesulitan dalam menyampaikan nilai-nilai ini secara efektif. (2) Dari segi metode pengajaran, guru menggunakan berbagai pendekatan, termasuk diskusi kelompok, cerita budaya, dan permainan peran. (3) Implementasi "Sumbang Duo Baleh" terbukti memiliki pengaruh positif terhadap pembinaan karakter siswa, khususnya dalam aspek religius dan gotong royong. Kata kunci: Keminangkabauan, Sumbang Duo Baleh, Pendidikan Karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keminangkabauan, Sumbang Duo Baleh, Pendidikan Karakter. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 00:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 00:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23766 |
Actions (login required)
View Item |