Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menyiasati Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi di SMAN 2 Kota Pariaman

Rahmadiati, Rahmadiati (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menyiasati Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi di SMAN 2 Kota Pariaman. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER- DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rahmadiati, NIM. 2020010006, dengan judul tesis “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menyiasati Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi di SMAN 2 Kota Pariaman”. Program studi Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang . Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdampaknya PPDB sistem Zonasi di SMAN 2 Kota Pariaman”. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah; Proses PPDB sistem zonasi; Dampak PPDB sistem zonasi kepada akhlak, pengamalan ibadah siswa, dan proses pembelajaran; Upaya guru PAI BP dalam menyiasati dampak PPDB sistem Zonasi tersebut; Kesulitan yang dialami oleh Guru PAI BP dalam membina akhlak, mengontrol pengamalan ibadah siswa dan dalam melakukan proses pembelajaran pada siswa yang memiliki kemampuan beragam sebagai dampak PPDB sistem Zonasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana proses PPDB sistem zonasi, apa saja dampak PPDB sistem zonasi kepada akhlak, ibadah dan proses pembelajaran siswa; Memaparkan apasaja upaya yang dilakukan oleh guru PAI BP dalam menyiasati dampak PPDB sistem zonasi serta mengkaji apasaja kendala yang dialami guru PAI BP dalam membina akhlak, mengontrol pengamalan ibadah dan dalam melakukan proses pembelajaran pada siswa yang memiliki kemampuan beragam sebagai dampak dampak PPDB sistem zonasi di SMAN 2 Kota Pariaman . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru-guru PAI BP yang mengajar di SMAN 2 kota Pariaman ditambah dengan informasi yang diperoleh dari guru-guru Bimbingan Konseling, wakil kesiswaan dan kepala sekolah, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis, direduksi, dan disajikan berbentuk narasi setelah itu ditarik kesimpulan-kesimpulan. Penelitian ini berhasil menemukan: 1. Seluruh guru PAI BP di SMAN 2 kota Pariaman memahami proses PPDB sistem zonasi. 2. PPDB sistem zonasi berdampak pada beragamnya perangai/ akhlak, semangat beribadah dan kemampuan belajar siswa di sekolah ini. 3. Upaya yang dilakukan oleh guru-guru PAI BP dalam menyiasati dampak PPDB sistem zonasi yang berkaitan dengan pelanggaran akhlak dan semangat dalam pengamalan ibadah adalah dengan melakukan teguran, ajakan untuk selalu berbuat kebaikan. Disamping itu sesama guru PAI BP saling berkoordinasi, termasuk dengan wali kelas, guru BK, unsur pimpinan sekolah dan orang tua siswa. Untuk menyiasati dampak PPDB zonasi yang berkaitan dengan beragamnya kemampuan dan cara belajar siswa disiasati dengan mengajar sesuai standar proses, termasuk berupaya melakukan pembelajaran berdiferensiasi sebagaimana yang telah dianjurkan pemerintah. 4. Kendala yang ditemui diantaranya siswa yang bermasalah umumnya orang yang sama serta kurangnya dukungan dari guru mata pelajaran lain dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Menyiasati Dampak, Sistem Zonasi
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2024 02:52
Last Modified: 07 Sep 2024 02:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item View Item