Basyir, Fauziyah Amini (2024) Pendidik dalam Konsep Pendidikan Islam dan Implementasinya pada Guru Penggerak Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 06 Padang Sago Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Program Pascasarjana.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (672kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (891kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pendidik bertanggung jawab mendorong, membina, mengembangkan minat, bakat, intelektualitas, moral, pengalaman kecerdasan dan kemampuan peserta didiknya. Konsep pendidikan Islam menempatkan pendidik membawa tugas mulia yang hakikatnya adalah warasat al-anbiya’ dengan misi rahmat lil alamin, yaitu mengajak manusia untuk tunduk dan menaati hukum-hukum Allah untuk kebahagiaan dunia dan akhirat dengan mengistilahkan pendidik sebagai mu’addib, murabbi, mu’allim, muzakki, mursyid. Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran dalam merdeka belajar yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peran pendidik sebagai mu’addib, murabbi, mu’allim, muzakki, mursyid dan implementasinya pada guru penggerak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian melalui instrumen pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan sebagainya. Sumber data primer diperoleh peneliti melalui wawancara yang terstruktur dan pengamatan lapangan dengan narasumber. Narasumber dalam penelitian ini adalah Guru Penggerak mata pelajaran PAIBP Kepala Sekolah, serta beberapa guru dan siswa di SDN 06 Padang Sago. Teknik keabsahan data meliputi: Kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa peran pendidik sebagai mu’addib dan penerapannya pada guru pengerak di SDN 06 Padang Sago adalah menyiapkan peserta didik bertanggung jawab dengan menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban dan membangun peradaban yang berkualitas di masa depan. sebagai murabbi adalah menyiapkan peserta didik mampu berkreasi dengan memakai metode yang partisipatif dan menyiapkan peserta didik mampu memelihara hasil kreasi dengan menanamkan bahwa manusia sebagai khalifah di bumi. Sebagai mu’allim adalah menguasai ilmu dan mengembangkan dalam kehidupan dengan memiliki kredibilitas ilmu yang disampaikan dan menguasai ilmu dalam dimensi dan teoritis dan praktiknya dengan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan. Sebagai muzakki pada guru pengerak adalah berhati-hati terhadap apa yang dibuat agar terhindar dari hal-hal yang merusak dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela. Sebagai mursyid adalah mampu menjadi model dan sentral identifikasi diri dan mengembangkan potensi serta bakat peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidik, Pendidikan Islam dan Guru Penggerak |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23675 |
Actions (login required)
View Item |