Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di SMKN 2 Pariaman

Rianto, Nofri (2024) Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di SMKN 2 Pariaman. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Nofri Rianto. NIM 2020010025. COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Nofri Rianto. NIM 2020010025. BAB I.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
Nofri Rianto. NIM 2020010025. BAB III.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Nofri Rianto. NIM 2020010025. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Nofri Rianto. NIM 2020010025. FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bentuk perencanaan implementasi metode diskusi dan presentasi dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di kelas XI Kuliner, SMKN 2 Pariaman. (2) Untuk mengetahui cara pelaksanaan implementasi metode diskusi dan presentasi dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di kelas XI Kuliner, SMKN 2 Pariaman. (3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi metode diskusi dan presentasi dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di kelas XI Kuliner, SMKN 2 Pariaman. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, lokasi SMKN 2 Pariaman, objek penelitian siswa kelas IX Kuliner, Sabjek Penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, Pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI), sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, dari segi perencanaan, kepala sekolah melakukan kerjasama yang baik dengan pendidik, dan peserta didik serta melengkapi fasilitas yang mendukung untuk capaian pembelajaran. Pendidik membuat kontrak belajar dan perangkat pembelajaran. Peserta didik sudah memperoleh informasi yang jelas dalam mempersiapkan pembelajaran. Pelaksanaan, Kepala sekolah menganjurkan kepada pendidik agar peserta didik dibiasakan melaksanakan metode diskusi dan mempresentasikan saat pembelajaran, Pendidik melakukan tiga tahap dalam pembelajaran, tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup, Peserta didik sebagai peran utama dalam pelaksanaan pembelajaran baik melalui diskusi dan presentasi dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Faktor yang mempengaruhi, faktor penghambat, peserta didik masih dalam tahap penyesuain diri, adanya kebiasan gugu dan gagap, dan lainya. Faktor pendukung terjalinnya kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah, Pendidik dan Peserta didik dan sarana prasarana yang cukup memadai

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diskusi dan Presentasi, Kepercayaan Diri, PAI
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2024 22:42
Last Modified: 03 Sep 2024 22:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23460

Actions (login required)

View Item View Item