Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunung Talang

Kurniawan, Agung (2024) Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (780kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (SKRIPSI Full Text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP N 3 Gunung Talang. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP N 3 Gunung Talang yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep yang belajar menggunakan pembelajaran saintifik. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment, dan desain penelitian randomized control grup only design, dan teknik pengambilan sampelnya random sampling (pengambilan sampel sacara acak). Populasinya adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gunung Talang. Kelas eksperimen adalah VIII.B dan kelas kontrol adalah VIII.D. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, diketahui nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas eksperimen adalah 81,25 dan kelas kontrol 70. Uji-t diperoleh t_hitung=3,11 dan t_tabel=1,67 artinya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan pembelajaran saintifik. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Model ROPES.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Model ROPES.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:53
Last Modified: 04 Sep 2024 07:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item View Item