Pengembangan Media Pembelajaran Lift the Flap Book terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Alifsi, Zahara Nurul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Lift the Flap Book terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover dkk Watermark.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Watermark.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Watermark.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB V-Dapus)
BAB 5-Dapus Watermark.pdf

Download (195kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SRIPSI ARA WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kurangnya penginovasian media pembelajaran oleh pendidik, dari pihak sekolah juga masih terbatasnya media pembelajaran, serta daya tangkap peserta didik yang bermacam mengakibatkan kurang maksimalnya pembelajaran. Bahan ajar belum disesuaikan dengan karakteristik peserta didik serta tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar menyebabkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik tidak membanggakan. Dengan dikembangkannya media pembelajaran lift the flap book ini dapat memudahkan pendidik untuk memaksimalkan pembelajaran di dalam kelas, karena media pembelajaran ini dapat menarik dan memacu peserta didik utuk berketrampilan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran lift the flap book di kelas IV pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia Bab II Di Bawah Atap, dan juga untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 06 Kampung Lapai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yakni define (pendefenisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Validitas dan Angket Praktikalitas. Uji validitas diberikan pada 3 validator ahli dilihat dari aspek media, bahasa dan materi. Uji praktikalitas diberikan pada satu orang pendidik dan 28 orang peserta didik di kelas IV dilihat dari aspek waktu dan kemudahan penggunaannya. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berupa media pembelajaran lift the flap book sudah valid, dan praktis. Validitas menunjukkan sangat valid dengan skor rata-rata 88,4% dengan persentase kelayakan media 94,3% kelayakan materi 80% dan kelayakan bahasa 91%. Sedangkan uji praktikalitas produk 83,15% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran lift the flap book sudah memenuhi kualitas produk yang valid, dan praktis serta dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media lift the flap boo, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Sep 2024 19:40
Last Modified: 09 Sep 2024 19:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23351

Actions (login required)

View Item View Item