Normalasari, Mala (2024) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Chips dan Talking Stick terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik (Studi di SMAN 1 Mandah Kabupaten Indragiri Hilir). Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover- Daftar Isi.pdf - Published Version Download (971kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.docx - Published Version Download (57kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penting adanya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun ditemui banyak peserta didik kelas XI SMAN 1 Mandah kurang minat dalam pembelajaran PAI. Kurangnya minat tersebut ditandai dengan hanya beberapa siswa yang memberikan feedback terhadap pertanyaan yang telah diberikan oleh guru, kemudian peserta didik keluar masuk kelas disaat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative tipe talking chips dan tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivistik dengan metode penelitian kuantitatif. Kemudian, menggunakan jenis penelitian quasi experiment pretest posttest group design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI sebanyak 104 orang. Sampel dalam penelitian ini kelas XI MIA 1 sebanyak 23 orang dengan menggunakan model cooperative tipe talking chips dan kelas XI MIA 2 sebanyak 25 orang dengan menggunakan model cooperative tipe talking stick. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Instrument pengumpulan data yaitu angket. Temuan penelitian yaitu: (1) gambaran hasil minat belajar peserta didik yaitu XI MIA 1 sebagian kecil terdapat pada kategori sangat tinggi, tinggi, rendah dan sebagian besar terdapat pada kategori sedang, XI MIA 2 pada kategori sangat tinggi dan kategori sedang sama besar, sebagian kecil terdapat pada kategori rendah. XI MIA 3 sebagian besar terdapat pada kategori tinggi, sebagian kecil terdapat pada kategori sedang, dan XI IPS sebagian besar terdapat pada kategori sangat tinggi dan sebagian kecil terdapat pada kategori tinggi, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelompok eksperimen pertama sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe talking chips; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelompok eksperimen kedua sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe talking stick; dan; (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik di SMAN 1 Mandah dengan menggunakan model cooperative tipe talking chips dan talking stick. Kesimpulannya yaitu gambaran minat belajar terdapat peserta didik di kelas XI terdapat pada kategori rendah, sedang, dan tinggi, terdapat perbedaan sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe talking chips dan talking stick terhadap minat belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative, Talking Chips, Talking Stick, Minat, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:51 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:51 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23349 |
Actions (login required)
View Item |