PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X

Ningsih, Anggun Sulistia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Anggun Sulistia Ningsih 1914080023.COVER- DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (931kB)
[img] Text (BAB I)
Anggun Sulistia Ningsih 1914080023.BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (BAB III)
Anggun Sulistia Ningsih 1914080023.BAB III.pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (BAB V)
Anggun Sulistia Ningsih 1914080023.BAB V.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Anggun Sulistia Ningsih 1914080023.FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya tingkat kreativitas peserta didik dalam memecahkan suatu masalah. Penyebab dari rendahnya kreativitas peserta didik karena media ajar di sekolah yang kurang kreatif dan inovatif, dan kebiasaan belajar yang masih bergantung kepada pendidik. Untuk itu dikembangkan bahan ajar yang dapat melatih kreativitas peserta didik dalam bentuk media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif terhadap kreativitas peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp. Tahapan pengembangan adalah preliminary research, prototyping phase, and assessment phase. Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan dan analisis literatur. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototipe, melakukan evaluasi formatif, dan revisi prototipe. Evaluasi formatif dilakukan untuk mengetahui kevalidan prototype media pembelajaran interaktif. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan model yang valid dan praktis melalui ujicoba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara yang terdiri dari 1 orang pendidik dan 20 orang peserta didik kelas X.E.2 di SMAN 2 Kota Sawahlunto. Analisis data angket dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif terhadap kreativitas peserta didik sangat valid dengan skor rata-rata 90,66% dengan persentase uji kevalidan materi/isi 94,28%, kevalidan konstruksi 85,71%, dan kevalidan bahasa 92% dengan kategori sangat praktis dengan persentase 1 orang pendidik mendapat 98,18% dan 20 orang peserta didik 89,42%. Sedangkan untuk keterlaksanaan dinilai oleh 2 orang observer mendapatkan rata-rata keterlaksanaan 3.71 dan persentase keterlaksanaan 75% dengan kategori sebagian terlaksana. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif terhadap kreativitas peserta didik mudah untuk digunakan pendidik dan membantu peserta didik dalam pembelajaran sehingga peserta didik dapat menemukan solusi terbaru serta menghasilkan karya dari suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:38
Last Modified: 06 Sep 2024 08:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23120

Actions (login required)

View Item View Item