Astuti, Tri (2024) Pengembangan Video Animasi Terintegrasi Etnosains Fisika Pada Pembuatan Batik Tanah Liek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover)
Cover-Daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (448kB) |
|
Text (BABII)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V-dapus)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FINAL TRI ASTUTI (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan abad 21 yang mengharuskan peserta didik lebih aktif dan berpikir secara kritis. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sumber belajar yang menunjang peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri. Salah satunya faktornya adalah belum tersediannya media pembelajaran berupa video animasi terintegrasi etnosains fisika terutama bagi peserta didik generasi sekarang yang terbiasa dengan teknologi dan konten yang lebih interaktif. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan media video animasi terintegrasi etnosains fisika pada pembuatan batik tanah liek terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, dan angket praktikalitas. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan konstruksi. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 29 orang peserta didik kelas XI F1 SMA N 2 Ranah Batahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi terintegrasi etnosains fisika pada pembuatan batik tanah liek sangat valid, sangat praktis, terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kevalidan media tersebut mempunyai rata-rata 85,71% dari segi materi konstruksi 80%, dan bahasa 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media tersebut mempunyai nilai rata rata 85,90%. Kategori sangat praktis, dari aspek pendidik mendapat 95% dan peserta didik 82,20% Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video animasi terintegrasi etnosains fisika pada pembuatan batik tanah liek memenuhi persyaratan dengan kualitas valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran pada SMA/MA. Kata kunci : Video Animasi, Terintegrasi Etnosains,Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Terintegrasi Etnosains,Berpikir Kritis. |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:02 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:02 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22828 |
Actions (login required)
View Item |