Quddus Kurniawan, Wawan (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 06 KOTO GADANG GUGUK KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
Text (Skripsi)
gabung (wecompress.com).pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version Download (583kB) |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version Download (398kB) |
|
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf - Published Version Download (888kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (258kB) |
Abstract
ABSTRAK Quddus Kurniawan, Nim. 1314070612, Fakultas Tarbiyah Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah judul skripsi “ Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Pendekatan Whole Language pada Peserta Didik Kelas II SDN 06 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok ”, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kenyataan di sekolah bahwa dalam menyampaikan pembelajaran pendidik masih menggunakan metode ceramah yang menyebabkan peserta didik bosan dan kurang aktif ketika proses pembelajaran sehingga pembelajaran yang tercipta bersifat menonton. Hal ini disebabkan peserta didik masih takut-takut ketika disuruh membaca kedepan, disaat pendidik bertanya tidak ada peserta didik yang menjawab, peserta didik masih terbata-bata dalam membaca sehingga kemampuan membaca peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dirumuskan masalah penelitian ini sebagai berikut. Apakah penerapan pendekatan whole language dapat meningkatkan keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 06 Koto Gadang Guduk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Apakah dengan menggunakan pendekatan whole language mampu meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II. Metode yang digunakan (PTK) penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2017 berkolaborasi dengan pendidik kelas II. Ada pun penelitian ini peneliti bertindaksebagai observer sedangkan pendidik kelas bertindak sebagai pengajar pelaksanaan penelitian dua siklus prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh hasil pengamatan hasil tes setiap akhir siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 20 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dilihat dari hasil tes peserta didik masih dibawah rata-rata yaitu 75 dari 20 orang peserta didik hanya 10 orang yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal. Dan pada siklus II hasil belajar peserta didik memiliki peningkatan siknifikan pada siklus II 90% Dari 20 orang peserta didik hanya 18 orang yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan hanya 2 orang yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan whole language dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas II SDN 06 Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 06:38 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 06:38 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2282 |
Actions (login required)
View Item |