Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 1 Pariaman

Umniyati, Rifa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (881kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Watermark.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Watermark.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (928kB)
[img] Text (File Full Text)
SKRIPSI Fulltext (Rifa Umniyati-2014010010).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Pariaman” ditulis oleh Rifa Umniyati NIM. 2014010010 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah Rendahnya motivasi belajar peserta didik, terlihat dari saat proses pembelajaran peserta didik kurang memperhatikan pendidik ketika menyampaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan malas untuk belajar sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Pariaman”. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Pariaman Tahun Ajaran 2024/2025, pengambilan sampel dilakukan dengan Metode Quasi Eksperimen, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah XI F2 dan Kelas Kontrol XI F1 yang berjumlah 65 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Course Review Horay berada pada klasifikasi sedang dengan interval 87-91, sedangkan Motivasi Belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan Model Pembelajaran Course Review Horay berada pada klasifikasi sedang dengan interval 85-88. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada sofware SPSS 29, maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,001 artinya 0,001 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T-hitung > T-tabel yaitu 4,966 > 1,669 artinya Ha yang mengatakan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Pariaman, Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Nilai Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Pariaman berdasarkan Uji N-Gain Score sebesar 24% dapat diartikan bahwa pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Course Review Horay, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Course Review Horay, Motivasi Belajar
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:06
Last Modified: 04 Sep 2024 05:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item