Chairani Zet, Hayatul (2024) Pengembangan Modul IPA Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadits Dalam Mendidik Karakter Religius Peserta Didik Di MIN Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
COVER hayatul chairani_2014070120.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
Hayatul Chairani Zet_2014070120_BAB 1.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text (BAB 3)
Hayatul Chairani Zet_2014070120_BAB 3.pdf - Published Version Download (651kB) |
|
Text (BAB 5)
Hayatul Chairani Zet_2014070120_BAB 5 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text (full text)
Skripsi Full text hayatul chairani z.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih tampak karakter yang kurang baik di kalangan siswa, pendidik hanya menggunakan format modul dari pemerintah tanpa melakukan pengembangan. Belum tersedianya bahan ajar berupa modul IPA terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits yang dapat membimbing peserta didik dalam memperoleh bekal dalam menambah wawasan islami dan keyakinan terhadap Allah SWT. Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan modul, isi modul tersebut akan difokuskan pada materi bagian tumbuhan dan diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits. Dengan modul pembelajaran ini akan mempermudah pendidik dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan modul IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits dalam mendidik karakter religius peserta didik dan kelayakan validitas praktikalitas dan efektifitas dari modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu tahap analyze (analisis), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi) dan tahap evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan: 1) hasil validitas ahli media yaitu 96,66% dengan kategori sangat valid, 2) hasil validitas ahli materi yaitu 90,62% dengan kategori sangat valid, 3) hasil validitas ahli bahasa yaitu 91,42% dengan kategori sangat valid dan dari keseluruhan validator memperoleh persentase 93,37% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk oleh: 1) satu orang pendidik yaitu 83,33% dengan kategori sangat praktis, 2) peserta didik yaitu 82,75% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan lembar penilaian diri berdasarkan indikator karakter religius yaitu 79,32% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis data, maka modul modul IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits sangat valid, sangat praktis, sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:24 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22734 |
Actions (login required)
View Item |