Simatupang, Dewi Sartika (2024) Pengaruh Model Blended Learning dengan Facebook terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik SMAN 1 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DW)
cover sampai daftar lampiran .pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I DW)
BAB I.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (BAB III DW)
BAB III.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text (BAB IV DW)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA DW)
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (550kB) |
|
Text (SKRIPSI DW)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Dewi Sartika Simatupang, NIM 2014080011. Pengaruh Model Blended Learning dengan Facebook Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Komunikasi Peserta didik SMAN 1 Batang Anai. Skripsi: Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2024 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains dan keterampilan komunikasi fisika siswa SMA pada saat pembelajaran, sehingga peserta didik tidak mampu menelaah pelajaran fisika. Hal ini diperparah dengan kesulitan fisika yang dikenal sebagai mata pelajaran sulit dan kurangnya waktu dalam pembelajaran kerena materi fisika yang banyak, Pendidikan abad 21 membutuhkan pendekatan dan keterampilan yang dapat mengimbangi Kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan keterampilan komunikasi peserta didik yang diajar menggunakan MBL-Fb lebih baik dari pada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Pengukuran dalam kerja ilmiah kelas X Fase E di SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian merupakan quasi eksperimen dengan desain counter balanced design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X Fase E SMAN 1 Batang Anai. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sampel penelitian kelas X.E6 dan X.E8. Instrumen penelitian menggunakan tes, angket dan lembar observasi. Analisis data aspek Kemampuan literasi sains untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t yaitu 1-Test. Two sample assuming equal variances dan analisis data aspek keterampilan komunikasi menggunakan statisties descriptive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini bisa memberikan hasil lebih baik dalam hal kemampuan literasi sains dan keterampilan komunikasi. Pada aspek kemampuan literasi sains Hasil uji hipotesis t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances tersebut, diperoleh nilai t Stat (thiung) 12,096 > t Critical one-tail (ttabel) 1,658. Pada aspek keterampilan komunikasi peserta didik yang diajar dengan MBL-Fb dikelas eksperimen 77,79% > 69,63%. Berdasarkan ini maka bisa direkomendasikan MBL-Fb dapat digunakan dalam pembelajaran Fisika untuk mengembangkan kemampuan literasi sains dan keterampilan komunikasi menjadi lebih baik. Kata Kunci: Model Blended Learning, Facebook, kemampuan literasi sains, keterampilan komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Blended Learning, Facebook, kemampuan literasi sains, keterampilan komunikasi |
Subjects: | U Umum (General) > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:46 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:46 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22713 |
Actions (login required)
View Item |