Arrizki, Hilda (2024) Implementasi Pembelajaran Fisika Dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Wordwall Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Lampiran)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Hilda Arrizki BAB I.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text (BAB III)
Hilda Arrizki BAB III.pdf - Published Version Download (645kB) |
|
Text (BAB V- Daftar Pustaka)
Hilda Arrizki BAB V-Dapus.pdf - Published Version Download (624kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI HILDA FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah komunikasi dan kolaborasi siswa dalam pelajaran fisika masih rendah karena penmbelajaran konvensional yang menekankan pencapaian individu. Akibatnya, siswa terbiasa belajar sendiri tanpa berinteraksi atau berbagi ide. Ini menghambat perkembangan keterampilan interpersonal mereka, yang penting dalam memecahkan masalah fisika. Untuk meningkatkan suasana pembelajaran, perlu memodifikasi model dan media pembelajaran. Peneliti menggunakan media Wordwall, yang melalui game edukasi, dapat meningkatkan aktivitas komunikasi, dan kolaborasi siswa. Media ini diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang didukung oleh media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu wordwall. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat menjadi lebih aktif, mampu berkomunikasi dengan efektif, dan bekerja sama dengan baik dalam memecahkan masalah fisika, sehingga meningkatkan keterampilan komunikasi serta kolaborasi mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media wordwall terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa, dan apakah keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Wordwall lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sarolagun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability purposive sampling, dengan sampel kelas XE.9 dan XE.10 sebagai kelas ekperimen dan XE.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa menggunakan angket, dan data yang diperoleh diuji menggunakan uji oneway anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi di kelas Eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT berbantuan media wordwall menunjukkan hasil yang paling tinggi dengan nilai rata-rata 74,37, diikuti oleh Kelas Eksperimen II dengan rata-rata 63,90, dan Kelas Kontrol yang menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata terendah yaitu 42,03. Selain itu keterampilan kolaborasi kelas Eksperimen I memperoleh nilai rata-rata tertinggi sebesar 85%, yang dikategorikan sebagai "Baik Sekali" sedangkan nilai Kelas Eksperimen II memperoleh nilai rata-rata 70%, yang dikategorikan sebagai "Baik". Sementara itu, Kelas Kontrol memperoleh nilai rata-rata terendah sebesar 67%, yang dikategorikan sebagai "Cukup". Maka di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Wordwall efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT, Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi |
Subjects: | U Umum (General) > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:34 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22538 |
Actions (login required)
View Item |