Tipani, Aulia (2024) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Literasi Baca Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 12 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
cover sampai daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB 3.pdf Download (729kB) |
|
Text (Bab 5-Daftar Pustaka)
BAB V.pdf Download (422kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Aulia_Tipani_Watermark[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Judul skripsi ini adalah “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Literasi Baca Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 12 Gunung Tuleh Pasaman Barat” ditulis oleh Aulia Tipani, NIM 2014070047, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi baca peserta didik kelas IV SDN 12 Gunung Tuleh. Hal ini dikarenakan peserta didik belum lancar baca serta belum mampu menangkap arti sehingga sulit memahami bacaan , peserta didik belum mampu menemukan makna tersurat dan tersirat dalam teks bacaan, peserta didik belum bisa menemukan ide pokok bacaan dalam Bahasa Indonesia, peserta didik belum dapat menarik kesimpulan dari teks bacaan. Adapun solusi yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui literasi baca peserta didik yang diajarkan menggunakan Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan literasi baca peserta didik yang diajarkan menggunakan model konvensional (ceramah) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 12 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experiment) dan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 12 Gunung Tuleh. Pengambilan sampel ditentukan dengan mengambil semua sampel (total sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes essay, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi baca. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan treatment uji-t menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir literasi baca peserta didik kelas eksperimen yaitu 94 dan kelas kontrol yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis uji t sig. (2 tailed) sebesar 0,000<0,05 dan thitung (0,827) > (0,468). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata literasi baca peserta didik dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan literasi baca peserta didik yang diajarkan menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share, Literasi baca, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 00:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 00:33 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22508 |
Actions (login required)
View Item |