Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 06 Koto Balingka Pasaman Barat

Mutohharoh, Mutohharoh (2024) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 06 Koto Balingka Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover Sampai Daftar Isi Mutohharoh 0015.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Mutohharoh 0015.pdf

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Mutohharoh 0015.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf

Download (567kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI MUTOHHAROH 0015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan menyimak peserta didik, dimana berdasarkan data yang diperoleh dari guru kelas IV bahwa sebagian besar peserta didik memiliki nilai semester 1 yang belum maksimal dan tergolong masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan belajar menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut sebebabkan kurang aktif dalam kegiatan menyimak pada saat pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyimak, faktor yang menyebabkan kesulitan belajar menyimak, kemampuan peserta didik dalam menyimak pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kesulitan yang dialami peserta didik dalam mnyimak yang pertama yaitu kurangnya pemahaman terhadap topik pembicaraan dan kesulitan dalam tahap menganalisis yang mana peserta didik ini seringkali kesulitan membedakan mana yang merupakan kalimat opini dan mana yang merupakan kalimat yang fakta dan pada tahap menanggapi peserta didik ini kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan. Kesulitan peserta didik yang kedua yaitu yang mana peserta didik ini yaitu sulit berkonsentrasi dan fokus dimana peserta didik ini mudah teralihkan oleh hal-hal lain di sekitar mereka, seperti suara gaduh, teman yang bermain atau benda-benda menarik di dalam kelas. 2) kesulitan ini sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal meliputi minat belajar yang rendah, konsentrasi yang lemah dan kemampuan berbahasa yang kurang. Faktor eksternal meliputi metode pembelajaran yang kurang menarik, media pembelajaran yang tidak memadai dan suasana kelas yang bising. 3) kemampuan peserta didik dalam menyimak dikelas IV ini beberapa tingkat kemampuan menyimak yang berbeda-beda ada peserta didik yang mudah menangkap informasi secara lisan sedangkan peserta didik yang lain membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses dan memahami apa yang mereka dengar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Menyimak, Peserta Didik Kelas IV SD
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:38
Last Modified: 03 Sep 2024 03:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

View Item View Item