Malia, Rika (2024) Pengaruh Metode Joyful Learning Dalam Peningkatan Aktivitas Peserta Didik Kelas II SDN 04 Koto Balingka Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover sampai Daftar Isi)
COVER sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (428kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (Fulltext)
Fulltexs.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas peserta didik. Hal tersebut disebabkan dalam proses pembelajaran pendidik tidak mengunakan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga menimbulkan kebosanan dan aktivitas belajar peserta didik dalam belajar rendah, sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Oleh karena itu penggunaan metode joyful learning sangat diperlukan Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan metode Joyful Learning. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yaitu desain penelitian yang melibatkan dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II di SDN 04 Koto Balingka tahun pelajaran 2023/2024 sedangkan untuk pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling yaitu kelas II.A sebagai kelas eksperimen dan kelas II.B sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode joyful learning berpengaruh positif terhadap aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Kelas eksperimen menunjukkan hasil peningkatan aktivitas belajar lebih baik dari kelas kontrol ditunjukkan dengan hasil pengolahan data menggunakan SPSS versi 26, maka diperoleh sig < 0,005 yaitu 0,001 artinya 0,001 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan THitung > Ttabel yaitu 3,934 > 2, 144 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode joyful learning berpengaruh terhadap aktivitas pesrta didik kelas II SDN 04 Koto Balingka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, joyful learning, aktivitas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:30 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:38 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22355 |
Actions (login required)
View Item |