Fitulina, Riffa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas III MIN 4 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover- daftar isi)
Cover - Daftar Isii Riffa Fitulina.pdf - Published Version Download (800kB) |
|
Text (Full Text)
SKRIPSI RIFFA FITULINA (2014070032).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I Riffa.pdf Download (671kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III Riffa.pdf Download (693kB) |
|
Text (BAB V DAPUS)
BAB V Riffa.pdf Download (651kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas III MIN 4 Agam. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas III MIN 4 Agam dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar tes tertulis berupa essay sebanyak 15 butir soal. Data yang diambil kemudian diuji dengan menggunakan t-test : two-sampel assuming equal variances. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunakan Model Conceptual Understanding Procedures dalam pembelajaran matematika kelas III MIN 4 Agam memberikan hasil yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik dengan nilai rata-rata 84,08, sementara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata 71,36. Hasil uji-t yaitu nilai sig (1-tailed) 0,0134 sehingga nilai sig.< 0,05 dan nilai t-hitung 4,64 > t-tabel 1,67 maka hipotesis Ha diterima Hi ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas III MIN 4 Agam dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures CUPs berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model,CUPs, Pemahaman Konsep Matematika. |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:36 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22338 |
Actions (login required)
View Item |