Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas III MIN 4 Agam

Fitulina, Riffa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas III MIN 4 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover- daftar isi)
Cover - Daftar Isii Riffa Fitulina.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI RIFFA FITULINA (2014070032).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Riffa.pdf

Download (671kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Riffa.pdf

Download (693kB)
[img] Text (BAB V DAPUS)
BAB V Riffa.pdf

Download (651kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas III MIN 4 Agam. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Post-test only control group desain. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas III MIN 4 Agam dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar tes tertulis berupa essay sebanyak 15 butir soal. Data yang diambil kemudian diuji dengan menggunakan t-test : two-sampel assuming equal variances. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunakan Model Conceptual Understanding Procedures dalam pembelajaran matematika kelas III MIN 4 Agam memberikan hasil yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik dengan nilai rata-rata 84,08, sementara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata 71,36. Hasil uji-t yaitu nilai sig (1-tailed) 0,0134 sehingga nilai sig.< 0,05 dan nilai t-hitung 4,64 > t-tabel 1,67 maka hipotesis Ha diterima Hi ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas III MIN 4 Agam dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures CUPs berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model,CUPs, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:36
Last Modified: 03 Sep 2024 07:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item