Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Membaca Intensif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Di Kelas IV SDN 04 Koto Balingka Tahun Ajaran 2023/2024

Rosidah, Ifdahul (2024) Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Membaca Intensif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Di Kelas IV SDN 04 Koto Balingka Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Isi)
COVER sampai Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan membaca intensif peserta didik, dimana dari 31 peserta didik terdapat 10 peserta didik yang kesulitan membaca intensif. Hal tersebut disebabkan kurang aktif dalam kegiatan membaca, sulit menemukan pikiran pokok dalam bacaan dan sulit memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran membaca intensif, faktor-faktor kesulitan membaca intensif dan solusi mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca intensif. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumntasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Dalam proses belajar membaca intensif peserta didik sulit dalam memahami isi wacana, sulit menceritakan kembali isi wacana, sulit menemukan ide pokok wacana, masih kurang dalam penggunaan kosa kata. 2) Faktor kesulitan membaca intensif yaitu faktor internal dan eksternal 3) Solusi pendidik mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca intensif faktor internal seperti peningkatan kemampuan bahasa, peningkatan konsentrasi, peningkatan kognitif dan peningkatan minat dan motivasi. faktor eksternal lingkungan belajar seperti menyediakan ruang belajar yang nyaman, dukungan keluarga yaitu mendorong keluarga untuk membaca bersama dan pengaruh teman dan lingkungan sosial seperti mencari teman atau komunitas membaca untuk saling mendukung dan memotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan membaca intensif, Peserta Didik Kelas IV SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:27
Last Modified: 03 Sep 2024 02:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item