Pemanfaatan Laboratorium Agama sebagai Sumber Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang

Salsabilla, Treen (2024) Pemanfaatan Laboratorium Agama sebagai Sumber Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (TREEN SALSABILLA 1914010034 COVER - DAFTAR ISI)
TREEN SALSABILLA 1914010034 COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (TREEN SALSABILLA 1914010034 BAB I)
TREEN SALSABILLA 1914010034 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (TREEN SALSABILLA 1914010034 BAB III)
TREEN SALSABILLA 1914010034 BAB III.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (TREEN SALSABILLA 1914010034 BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
TREEN SALSABILLA 1914010034 BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (TREEN SALSABILLA 1914010034 FULL TEXT SKRIPSI)
TREEN SALSABILLA 1914010034 FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pengetahuan yang diperoleh peserta didik di ruang kelas melalui pesan lisan yang disampaikan oleh guru kebanyakan masih bersifat abstrak berupa teori-teori. Berbagai teori akan mudah dipahami dan diterima oleh peserta didik apabila mereka terlibat langsung melalui pengamatan dan praktik pembelajaran secara langsung. Sehingga yang dibutuhkan pada pembelajaran fikih seharusnya mampu menyeimbangkan antara teori dan praktik. Salah satu berhasilnya pembelajaran fikih yaitu memanfaatkan sumber belajar. Tidak terbatas pada guru dan buku cetak saja, namun tempat atau lingkungan yang mengandung informasi pun juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan proses pembelajaran fikih dengan pemanfaatan laboratorium agama di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. 2) Untuk menjelaskan pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. 3) Untuk mengetahui respon peserta didik dengan adanya pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran fikih dengan pemanfaatan laboratorium agama dilalui melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan pembelajaran, dan memberi tugas sebagai evaluasi. 2) Pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran fikih dimaksimalkan fungsinya dengan menjadikan laboratorium agama sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam sebuah kegiatan pembelajaran, sebagai tempat sarana penunjang kegiatan belajar mengajar, sebagai sarana peserta didik untuk dapat mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, inovatif, berjiwa sosial, serta menumbuhkan kejujuran, sebagai tempat yang dapat mendorong semangat dan antusias peserta didik. 3) Respon peserta didik dengan adanya pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran fikih yaitu laboratorium agama mendukung praktik dalam proses pembelajaran fikih dan membuat suasana belajar menjadi tidak menjenuhkan atau monoton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Laboratorium Agama, Sumber Belajar
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:48
Last Modified: 03 Sep 2024 01:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item