Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTsN 8 Agam

Btr, Siti Maryam (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTsN 8 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI (SITI MARYAM BTR-2014010035).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (SITI MARYAM BTR-2014010035).pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (SITI MARYAM BTR-2014010035).pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA (SITI MARYAM BTR-2014010035).pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT (SITI MARYAM BTR-2014010035).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 8 Agam pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitiannya Quasi Experiment.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 8 Agam.Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Purposive Sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII.3 sebagai kelas Eskperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi sebesar 0,49 berada pada kategori sedang, dan di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 0,32 juga berada pada kategori sedang, namun perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat pada nilai rata-ratanya, yang mana kelas eksperimen rata-ratanya 88,26 sedangkan kelas kontrol 80,77. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dibanding kelas kontrol, yang mana hasil belajar di kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi lebih baik dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 diperoleh hasil sig.2(tailed) sebesar 0,016. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sig.(2-tailed) < 0,05 artinya 0,016 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 8 Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:29
Last Modified: 30 Aug 2024 07:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item View Item