Azhari, Cahyana (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Media Kamus Mini Pada Pemahaman Kosakata Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cahyana Azhari_2014070117_COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (700kB) |
|
Text (BAB I)
Cahyana Azhari_2014070117_BAB 1.pdf - Published Version Download (821kB) |
|
Text (BAB III)
Cahyana Azhari_2014070117_BAB III.pdf - Published Version Download (758kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Cahyana Azhari_2014070117_BAB V-DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (519kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL CAHYANA AZHARI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman kosakata kurang mendapat perhatian karena dianggap tidak terlalu penting dalam ketercapaian pembelajaran. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam aspek pemahaman kosakata bahasa Indonesia akan mempengaruhi pemahaman dan penguasaan peserta didik dalam memaknai kata. Penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan materi pembelajaran , melihat masih banyak pendidik yang masih belum bisa menggunakan media yang lebih menarik dan dimudah dipahami peserta didik. Tujuan pengembangan multimedia interaktif ini adalah (1) Mengetahui desain pengembangan media kamus mini yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik. (2) Mengetahui tingkat kevalidan dan praktikalitas media kamus mini pada pemahaman kosakata peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 2 Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebaran (Disseminate). Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi, dan angket praktikalitas. Uji validasi media pembelajaran diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, aspek media dan aspek materi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 17 orang peserta didik di MIN 2 Solok kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria multimedia interaktif berbantuan media kamus sangat valid dan sangat praktis, dengan rata-rata penilaian validitas ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebesar 93,4 % dengan kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata praktikalitas dari pendidik dan peserta didik terhadap multimedia interaktif berbantuan media kamus sebesar 89,2% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbantuan media kamus mini pada pemahaman kosakata dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:46 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:46 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22032 |
Actions (login required)
View Item |