Ilhamni, Ilhamni (2024) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Etno Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMAN 2 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi_Ilhamni.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab !)
BAB I.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Download (943kB) |
|
Text (Bab 5 dan daftar pustaka)
BAB V.pdf - Published Version Download (539kB) |
|
Text (Full Text)
Skripsi Full text_Ilhamni.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini disebabkan penggunaan bahan ajar yang kurang sesuai sehingga peserta didik belum mampu memahami pelajaran fisika yang dikenal abstrak, sulit dan membosankan. Faktor lainnya peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir mereka dan belajar dikelas masih menggunakan metode direct instruction, peserta didik hanya menerima informasi dan dihadapkan dengan soal-soal yang dikemas dalam angka-angka dan hitungan. Untuk itu dikembangkan bahan ajar yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan dapat diakses dimana saja yang berbentuk e-modul yang sesuai dengan kurikulum merdeka serta dengan menghubungkannya dengan kearifan lokal pembuatan galamai yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari sehingga mampu membuat peserta didik lebih memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Fisika Berbasis Etno Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMAN 2 Solok yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu : Pada tahap pendahuluan ini ada dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan atau prototipe dilakukan perancangan terhadap e-modul fisika berbasis etno problem based learning yang terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang ahli. Dari aspek kelayakan material/soal, konstruksi dan bahasa menggunakan validasi angket. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba kepada 1 orang pendidik SMAN 2 Solok dan 33 orang peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan untuk keefektifan produk diuji cobakan kepada dua kelas yaitu, Eksperime (F4), dan Kontrol (F3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul fisika berbasis etno problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat valid dengan Skor rata-rata 84% dilihat dari perolehan persentase uji kelayakan bahasa 92%, kelayakan isi/soal 80%, dan kelayakan kontruksi 80% dengan kategori sangat valid. Hasil angket praktikalitas yang diisi oleh 1 orang pendidik fisika dan oleh 33 orang peserta didk diperoleh nilai rata-rata 85,5% kategori sangat praktis. Sedangkan dari tingkat keefektifan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83% dengan kategori sangat efektif, dan kelas kontrol 66,6% dengan kategori efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul fisika berbasis etno problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etno, PBL, Galamai, Berpikir Kritis |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 2 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 22:51 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 22:51 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21997 |
Actions (login required)
View Item |