Pengaruh Model Time Token Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 03 Alai Timur Padang

Jannah, Hidayatul (2024) Pengaruh Model Time Token Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 03 Alai Timur Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
BAB I skripsi.docx

Download (200kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Skripsi.docx

Download (206kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V Skripsi.docx

Download (186kB)
[img] Text (cover-daftar isi)
Cover- Daftar isi Skripsi Hidayaa.pdf

Download (1MB)
[img] Text (full text)
Alhamdulillah skripsi fiks Hidayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV SDN 03 Alai Timur Padang, disebabkan oleh perasaan takut untuk maju ke depan dan berpendapat,malu,ragu-ragu dan penggunaan bahasa yang belum tepat dan lafal kalimat yang masih kurang benar serta ketepatan vocal, intonasi suara, ketepatan ucapan, urutan kata yang tepat, dan kelancaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara di kelas eksperimen dengan model Time Token dibanding mengunakan model Ekspositori di kelas kontrol. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Model Time Token Terhadap Kemapuan Berbicara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan Design jenis Poss-test Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B di SDN 03 Alai Timur Padang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai possttest kelas eksperimen 85,14 dan kelas kontrol 81,29. Berdasarkan hasil output t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,037 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Two-Sample Assuming Equal Variances, Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya “terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara di kelas eksperimen dengan model Time Token dibanding mengunakan model Ekspositori di kelas kontrol di SDN 03 Alai Timur Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Time Token, Kemampuan Berbicara, Bahasa Indonesia
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Aug 2024 16:09
Last Modified: 29 Aug 2024 16:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21886

Actions (login required)

View Item View Item