Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMAN 2 Solok

Juwita, Intan (2024) Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMAN 2 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Intan Juwita. NIM 2014010045. Cover -Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB I)
Intan Juwita. NIM 2014010045. BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
Intan Juwita. NIM 2014010045. BAB III.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Intan Juwita. NIM 2014010045. BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Full Text)
Intan Juwita. NIM 2014010045. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang tidak mengetahui gaya belajarnya dan pendidik yang menggunakan strategi pembelajaran lama tanpa memperhatikan gaya belajar peserta didik, padahal pemetaan gaya belajar sangat cocok digunakan pendidik dalam implementasi pembelajaran kurikulum merdeka. Dengan pemetaan gaya belajar pada peserta didik dapat membantu pendidik membuat asesmen yang sesuai dengan kemampuan peserta didik sehingga mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMAN 2 Solok (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMAN 2 Solok (3) Untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMAN 2 Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 2 Solok tahun ajaran 2023/2024 dan sampel sebanyak 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mendapatkan informasi tentang gaya belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas XI SMAN 2 Solok. Adapun teknik korelasi yang digunakan adalah “product moment”. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dengan hasil 0,503 masuk dalam kategori sedang atau cukup pada rentang 0,40 – 0,70 dan kontribusi gaya belajar dengan hasil belajar pada penelitian ini yaitu sebesar 25,30% sedangkan 74,7% dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil belajar, PAI.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:19
Last Modified: 29 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item View Item