Pengaruh Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Agam

Putriani, Ardania Tri (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
ARDANIA TRI PUTRIANI_NIM. 2014070039_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
ARDANIA TRI PUTRIANI_NIM.2014070039_BAB I.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB III)
ARDANIA TRI PUTRIANI_NIM.2014070039_BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
ARDANIA TRI PUTRIANI_NIM. 2014070039_BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ARDANIA TRI PUTRIANI_NIM. 2014070039_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik kelas IV MIN 1 Agam, salah satu penyebab rendahnya kreativitas belajar peserta didik adalah kurang sesuainya penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk melatih kreativitas peserta didik, pendidik sering menggunakan strategi ekspositori (ceramah) dalam kegiatan pembelajaran sehingga banyak peserta didik yang belum bisa menguraikan gagasan secara rinci, belum mampu memberikan ide-ide baru dalam memecahkan masalah serta belum cepat dan tepat dalam memberikan jawaban atas permasalahan tertentu. Untuk itu, salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan serta pengaruh strategi everyone is a teacher here terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPAS kelas IV MIN 1 Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experiment) tipe pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 1 Agam. Pengambilan sampel ditentukan dengan mengambil semua sampel (total sampling). Sampel dalam penelitian adalah kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes essay, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu dengan tes kreativitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan treatment uji-t dan uji N-Gain menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kreativitas peserta didik kelas eksperimen yaitu 54,5 dan 88,82. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS 26 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan t_hitung (4,34) > t_tabel (4,26) serta uji N-Gain memperoleh 75%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi everyone is a teacher here terhadap kreativitas peserta didik. Selain itu, dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here dinyatakan lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dari pada strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Everyone Is A Teacher Here, Kreativitas Belajar, IPAS.
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:55
Last Modified: 29 Aug 2024 07:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item