Chairunnisa, Madina (2024) Implementasi Pembinaan Bakat Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler Multimedia di MAN Kota Solok. UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover-daftar isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (360kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (full teks)
SKRIPSI FULLTEXT MADINA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya kegiatan Ekstrakurikuler Multimedia sebagai salah satu sarana pembinaan bakat peserta didik di MAN Kota Solok pada tahun ajaran 2023/2024. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi pembinaan bakat peserta didik yang dilakukan oleh Pembina melalui program kegiatan ekstrakurikuler multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembina dan peserta didik dalam kegiatan Ekstrakurikuler Multimedia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk Implementasi Pembinaan Bakat Peserta Didik Melalui beberapa tahapan yaitu: 1) Memperhatikan orientasi kecerdasan peserta didik dengan melakukan pengamatan dengan memberikan tes kepada peserta didik dengan membuat poster atau video dan dari hasil tersebut dapat di evaluasi oleh pembina, 2) Memenuhi setiap kebutuhan fasilitas yang memadai dengan adanya komputer dan ruangan yang nyaman dan aman untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler, 3) Memberikan apresiasi dan tanggapan pada setiap tindakan dan hasil yang dibuat oleh peserta didik dengan memberi pujian yang spesifik dan mengupload hasil karya peserta didik di media sosial, dan 4) mengikuti kompetisi guna untuk melatih kemampuan peserta didik dalam berfikir kritis dan kreatif serta meningkatkan rasa percaya diri untuk mengembangkan bakat yang dimiliki peserta didik. Dalam Al-Qur’an surah Al-Isro’ ayat 84 yang menyebutkan setiap manusia memiliki kemampuannya masing-masing, dengan itu perlu seorang manusia untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Kata Kunci: Pembinaan, Ekstrakurikuler, Multimedia
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Ekstrakurikuler, Multimedia |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:01 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21733 |
Actions (login required)
View Item |