Hidayah, Hafizatul (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 10 Rimbo Tangah Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI HAFIZATUL HIDAYAH .pdf - Published Version Download (667kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (SATU) HAFIZATUL HIDAYAH.pdf - Published Version Download (614kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III (TIGA) HAFIZATUL HIDAYAH.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (BAB V-DAPUS)
BAB V (LIMA) HAFIZATUL HIDAYAH.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text (SKRIPSI Fulltext)
SKRIPSI Fulltext HAFIZATUL HIDAYAH 2014070040 PGMI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penting nya projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) diterapkan kepada peserta didik sebagai penguatan dimensi profil pelajar pancasila yang menjadi tujuan utama dalam program kurikulum merdeka. Projek penguatan profil pelajar pancasila sudah diterapkan di SDN 10 Rimbo Tangah Kabupaten Solok Selatan meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada. Penerapannya masih diterapkan secara bertahap yaitu kelas I dan IV, kelas II dan V, yang mana penerapannya tidak terlepas dari standar proses pendidikan yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini mendeskripsikan: 1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah, 2) Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah, 3) Evaluasi implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, pendidik kelas I dan IV, pendidik Kelas II dan V, dan peserta didik kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah Kabupaten Solok Selatan sudah berjalan dengan baik dan cara pelaksanaan projek sudah hampir sesuai dengan buku panduan projek. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah melalui beberapa langkah yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul projek. 2) pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah dilakukan dalam beberapa tahap sintaks yaitu, tahap perkenalan, tahap kontektualisasi, tahap aksi dan tahap refleksi. 3) evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN 10 Rimbo Tangah yaitu mengevaluasi proses selama pelaksanaan projek dan membuat laporan hasil projek dalam bentuk lapor projek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Projek penguatan profil pelajar pancasila, Kurikulum merdeka |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 08:42 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21732 |
Actions (login required)
View Item |