Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas IV SD/MI

Wahidah, Nur (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover-Daftar Isi Nur Wahidah 0024.pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Nur Wahidah 0024.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Nur Wahidah 0024.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Daftar Pustaka Nur Wahidah 0024.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI NUR WAHIDAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter peserta didik mengenai gotong royong, hal ini ditandai dengan peserta didik memiliki sikap individualis, minimnya rasa kolaborasi, kepedulian dan berbagi dikelas. Pembelajaran yang hanya berpatokan pada penggunaan buku paket sederhana yang dianggap belum memadai. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut pada penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan karakter gotong royong dalam mata pelajaran pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV SD/MI yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu mulai dari tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Validitas dan Angket Praktikalitas. Uji Validitas diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, bahasa dan media. Uji Praktikalitas diberikan kepada satu orang pendidik dan 26 orang peserta didik kelas IV-A dinilai dari aspek waktu dan kemudahan penggunaannya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk berupa PowerPoint pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang valid dan praktis. Hasil validitas menunjukkan sangat valid dengan skor 85% dengan persentase kelayakan materi 80%, kelayakan bahasa 88,5% dan kelayakan media 85%. Uji praktikalitas produk 98% kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Karakter Gotong Royong
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Aug 2024 15:35
Last Modified: 29 Aug 2024 15:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21727

Actions (login required)

View Item View Item