Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi

Pasaribu, Rizka Amelia (2024) Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-daftar isi rizka amelia psb 0016.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I rizka amelia psb 0016.pdf

Download (838kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III rizka amelia psb 0016.pdf

Download (957kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-daftar pustaka rizka amelia psb 0016.pdf

Download (699kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_RIZKA_AMELIA_PSB_0016[.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi yang masih rendah. Berdasarkan hasil kemampuan awal membaca permulaan peserta didik bahwa dari 29 orang peserta didik di kelas II, sebanyak 8 peserta didik dengan persentase 27,58% yang tuntas mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan sebanyak 21 peserta didik dengan persentase 72,41% tidak tuntas memperoleh nilai KKTP. Kemudian, rendahnya kemampuan membaca permulaan disebabkan oleh kurangnya media yang digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, pendidik yang hanya menggunakan media konvesional seperti buku paket saja dalam pembelajaran, membuat peserta didik jenuh, dan kurang menarik perhatian peserta didik dalam membaca, dan pendidik tidak memberikan pelatihan dalam membaca secara khusus. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah yang pertama, dengan menerapkan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik, dan yang kedua, melihat respon peserta didik dengan menerapkan media flash card dalam proses pembelajaran. Adapun manfaat dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas II SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design, popolasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas II yang berjumlah 29 orang di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi, tahun ajaran 2023/2024 dengan pengambilan sampel sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 butir soal essay dan teks cerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t Paired Samples t-test. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa yang pertama, rata-rata skor data pre-test 70,31%. Setelah diberikan media flash card maka pada peserta didik mengalami peningkatan dengan skor rata-rata post-test adalah 85,52%. Kedua, berdasarkan hasil Uji-T: Paired Samples t-test, sig (2-tailed) adalah 0,000, dapat disimpulkan 0,000 < 0,05, yang berarti H_a diterima dan H_0 ditolak, yang berarti “Terdapat peningkatan terhadap hasil kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flash card kelas II di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flash card, membaca permulaan
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Aug 2024 05:06
Last Modified: 28 Aug 2024 05:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item