Wisli, Muhammad Hafizh (2024) Pengaruh Penggunaan Media Educandy terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas Vlll Di MTsN 6 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Muhammad Hafizh Wisli 1914010136 cover-daftar isi.pdf - Published Version Download (559kB) |
|
Text (BAB I)
Muhammad Hafizh Wisli 1914010136 BAB I.pdf - Published Version Download (332kB) |
|
Text (BAB III)
Muhammad Hafizh Wisli 1914010136 BAB III.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Text (BAB V)
Muhammad Hafizh Wisli 1914010136 BAB V.pdf - Published Version Download (242kB) |
|
Text (Full Teks)
Muhammad Hafizh Wisli 1914010136 Full Teks Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang tahun 2023/2024 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Guru belum menggunakan media yang bervariasi ketika melakukan pembelajaran sehingga peserta didik kurang memperhatikan dan sibuk dengan kegiatan masing-masing ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan media pembelajaran Educandy. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan media powerpoint di kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang, untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan media educandy di kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh media educandy terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTsN 6 Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen tipe penelitian Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang tahun 2023/2024 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII. 9 dan kelas kontrol kelas VIII. 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media educandy terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Dapat dilihat bahwa minat belajar peserta didik yang menggunakan media Educandy lebih baik daripada minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Educandy atau media lainnya. Hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 23 atau sig (2-tailed) diperoleh sebesar = 0,000132 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000132 < 0,05), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dan T hitung > T tabel yaitu 4,077 > 1,67 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, menyatakan bahwa terdapat signifikansi pengaruh penggunaan media Educandy terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTsN 6 Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educandy, Minat Belajar, Al-Quran Hadits |
Subjects: | Tajuk Subjek > Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:09 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21585 |
Actions (login required)
View Item |