Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Realistic Mathemathics Education (RME) Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD/MI

Sarmila, Dora (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Realistic Mathemathics Education (RME) Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Fulltext Dora Sarmila)
Fulltext SKripsi Dora Sarmila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (517kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran yang belum maksimal. Bahan ajar belum disesuaikan dengan karakteristik peserta didik serta tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar menyebabkan kemampuan bepikir kritis peserta didik belum membanggakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis model realistic mathemathics education yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis kelas IV SD/MI yang valid, praktis, efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu dimulai dari analisis (analysis) perancangan (Design) pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan soal tes efektivitas. Uji validitas diberikan pada 3 validator ahli dilihat dari aspek isi, bahasa, dan kontruksi. Uji praktikalitas diberikan pada satu orang pendidik dan 24 orang peserta didik di kelas IV dilihat dari aspek waktu dan kemudahan penggunaannya. Uji efektivitas diberikan kepada 24 orang peserta didik kelas IV MIN 3 Padang Pariaman dilihat dari aspek kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berupa bahan ajar berbasis model realistic mathemathics education sudah valid, praktis dan efektif. Validitas menunjukkan sangat valid dengan skor rata-rata 94% dengan persentase kelayakan isi 95% kelayakan kontruksi 97% dan kelayakan bahasa 90%. Uji praktikalitas produk 86% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan efektivitas diktegorikan efektif dengan skor rata-rata 75,16%. Bahan ajar sudah memenuhi kualitas produk yang valid praktis, dan efektif dan dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Realistic Mathemathics Education, Berpikir kritis
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 26 Aug 2024 09:00
Last Modified: 26 Aug 2024 09:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item View Item