Siregar, Siti Sarah (2024) Pengembangan E-Modul Fisika Etno STEM pada Pembuatan Galamai terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (317kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (523kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (369kB) |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan berpikir kritis dan kreatif di kalangan peserta didik masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif sangat penting di era abad ke-21 yang dapat mengimbangi pesatnya kemajuan zaman dan teknologi. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik disebabkan pendidik masih menggunakan pendekatan dan bahan ajar yang kurang sesuai selama proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak mampu memahami pelajaran fisika yang dikenal abstrak, sulit dan membosankan. Maka penggunaan bahan ajar berupa E-Modul fisika Etno STEM merupakan solusi untuk pelajaran fisika sehingga membantu peserta didik memahami materi dengan cepat karena penggunaan kearifan lokal galamai yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul fisika Etno STEM pada pembuatan galamai terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul fisika Etno STEM pada pembuatan galamai terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik sangat valid dengan skor rata-rata 91,5% dilihat dari perolehan persentase uji kelayakan bahasa 92%, kelayakan isi/materi 92,5%, dan kelayakan kontruksi 90%. Hasil praktikalitas 90,6% kategori sangat praktis dengan skor rata-rata praktikalitas oleh pendidik 93,33% dan dan peserta didik 87,88%. Keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan perolehan skor rata-rata untuk soal berpikir kritis 84,99% dan berpikir kreatif 87,07% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul fisika Etno STEM pada Pembuatan Galamai terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik sangat valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etno STEM, Galamai, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran Tajuk Subjek > Sains, Ilmu Pengetahuan > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 05:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 05:10 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21391 |
Actions (login required)
View Item |