Widia, widia (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII SMPN 2 Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (BAB I)
WIDIA_2014010044_BAB_I.pdf - Published Version Download (308kB) |
|
Text (COVER DAFTAR ISI)
WIDIA_2014010044_COVER_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version Download (459kB) |
|
Text (BAB III)
WIDIA_2014010044_BAB_III.pdf - Published Version Download (417kB) |
|
Text (FULL TEXT)
WIDIA_2014010044_fULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (BAB V - DAPUS)
WIDIA_2014010044_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang bermasalah dalam pola asuh orang tua sehingga ; 1) peserta didik menjadi agresif dan suka melanggar aturan; 2) peserta didik tidak percaya diri, penakut, dan tidak memiliki inisiatif di dalam kelas; 3) peserta didik tidak memiliki rasa tanggug jawab; 4) peserta didik menjadi sulit untuk belajar. mengenai permasalahan minat belajar peserta didik, seperti; 1) saat guru mengajukan pertanyaan hanya sebagian peserta didik yang menjawab dan hanya peserta didik tertentu yang berani maju ataupun menjawab pertanyaan; 2) hanya ada sebagian peserta didik yang memperhatikan penjelasan guru sedangkan sebagian yang lain memperhatikan objek lain seperti mengobrol dengan teman semeja, bermain alat tulis, dan tiduran dengan meletakkan kepala di atas meja, 3) perhatian dan aktivitas peserta didik yang masih rendah. Permasalahan tersebut, mengakibatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kota Solok sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Pengaruh pola asuh orang tua dengan hasil belajar PAI, 2. Pengaruh minat belajar dengan hasil belajar PAI, 3. Pengaruh pola asuh orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar PAI di SMPN 2 Kota Solok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi dari penelitian ini adalah 351 peserta didik, dengan menggunakan teknik random sampling yang merujuk pada rumus Arikunto diperoleh sampel 77 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa: (1) Pola asuh orang tua berpengaruh tehadap hasil belajar sebesar 92%, (2) Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 86%, (3) Pola asuh orang tua dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 164 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pola asuh orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar, secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sehingga disarankan agar peserta didik dapat meningkatkan minat belajar agar lebih baik. Bagi orang tua dapat lebih banyak waktu untuk mendampingi anak dalam belajar dan memberikan semangat belajar sehingga dapat meningkatkan minat anak terhadap aktivitas belajar karena sangat berpengaruh terhadap hasil belajar anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 07:15 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 07:15 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21351 |
Actions (login required)
View Item |