Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di MIS Al-Ikhwan Bukittinggi

Triseptiawati, Lucya (2024) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di MIS Al-Ikhwan Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER- DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI LUCYA TRISEPTIAWATI 0083.pdf - Published Version

Download (749kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I LUCYA TRISEPTIAWATI 0083.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III LUCYA TRISEPTIAWATI 0083.pdf

Download (410kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V -DAFTAR PUSTAKA LUCYA TRISEPTIAWATI 0083.pdf

Download (303kB)
[img] Text (FUL TEXT)
FULL TEXT SKRIPSI LUCYA TRISEPTIAWATI 0083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan bahan ajar dari pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal seperti modul dan belum memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi terkini. Pembelajaran yang hanya berpatokan pada penggunaan modul sederhana dan buku cetak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan cara mengmbangkan modul elektronik berbasis kearifan lokal Minangkabau menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada materi IPAS kelas V sekolah dasar dan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas modul elektronik berbasis kearifan lokal Minangkabau menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada materi IPAS kelas V sekolah dasar.. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu mulai dari tahap Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Uji validitas diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, bahasa dan media. Uji Praktikalitas diberikan diberikan kepada satu orang pendidik dan 15 orang peserta didik kelas V. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk berupa E-Modul mata pelajaran IPAS berbasis kearifan lokal Minangkabau melalui valid dan praktis. Hasil validitas menunjukkan sangat valid dengan skor 93,59% dengan persentase kelayakan materi 91,32%, kelayakan bahasa 93% dan kelayakan media 96,47%. Uji praktikalitas produk 90,72% kategori sangat praktis. E-Modul sudah memenuhi kualitas produk yang valid, praktis dan dapat digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kearifan Lokal Minangkabau, Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Alat Bantu Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:30
Last Modified: 21 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21344

Actions (login required)

View Item View Item