Oktavia, Rena (2024) “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Domino Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Solok.”. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover sampai Daftar Isi)
File Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB' I.pdf - Published Version Download (776kB) |
|
Text (BAB III)
BAB' III.pdf - Published Version Download (798kB) |
|
Text (BAB V sampai Daftar Pustaka)
BAB V.pdf Download (627kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI RENA OKTAVIA)
Full Teks SKRIPSI RENA OKTAVIA NIM 2014070030 PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap pemahaman konsep matematis pada peserta didik kelas IV MIN 2 Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (experimental), dengan desain penelitiannya yaitu post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Solok. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Kelas IV.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian dilakukan dengan tes objektif. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yaitu 84,44, sedangkan nilai post-test kelas kontrol adalah 75,55. Berdasarkan hasil output menggunakan t-test: independent samples test, diperoleh nilai sig.2-tailed sebesar 0,022 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau bisa dilihat dari t_hitung 2,363 > t_tabel 1,67469. Artinya, hasil belajar menggunakan media pembelajaran kartu domino dalam materi pecahan campuran memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis pada peserta didik di kelas IV MIN 2 Solok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pemahaman konsep matematis |
Subjects: | U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:35 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21302 |
Actions (login required)
View Item |