Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 5 Padang Panjang

Surya, Rahmat Eko (2024) Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover - Daftar Isi EKO RAHMAT SURYA.pdf - Published Version

Download (910kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I EKO RAHMAT SURYA 1914090055.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Cover 3)
BAB III EKO RAHMAT SURYA 1914090055.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V EKO RAHMAT SURYA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Eko Rahmat Surya 1914090055 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan asesmen diagnostik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 5 Padang Panjang . Latar belakang dari penelitian ini adalah Pelaksanaan asesmen diagnostik di sekolah masih banyak ditemukan berbagai permasalahan, terutama dalam penyusunan asesmen diagnostik. Ardianti & Amalia, (2022) mengemukakan bahwa guru masih kesulitan untuk menyusun asesmen diagnostik. Guru telah berupaya mengikuti berbagai pelatihan, tetapi dalam pelaksanaannya, guru masih mengalami kendala yang mengakibatkan implementasi Kurikulum Merdeka menjadi terhambat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Subjek penelitiannya ialah guru IPS yang mengajar di kelas VII . Penelitian ini difokuskan pada proses pelaksanaan asesmen diagnostik dalam mata pelajaran IPS. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu data asesmen diagnostik kognitif berupa tes tertulis, dan asesmen diagnostik nonkognitif berupa gaya belajar siswa, serta wawancara bersama guru IPS di kelas VII, siswa kelas VII dan kepala sekolah terkait pelaksanaan asesmen diagnostik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 5 Padangg Panjang. Hasil dari penelitian ini adalah : Satu, Pemahaman guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial dinilai belum maksimal . Kedua . Pelaksanaan asesmsen diagnostik mata pelajran Ilmu Pengetahuan sosial di SMP Negeri 5 Panjang Panjang telah dilakukan tetapi masih perlu di evaluasi terutama berkaitan dengan pemilihan soal baik itu kognitif dan non kognitif yang masih bercermin dari sumber sumber yang belum maksimal seperti internet dan lainya. Serta belum adanya proses analisis hasil asesmen diagnostik yang mempengaruhi. Ketiga, Mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan asesmen diagnostik ini ditandai dengan dampaknya yang dinilai baik dari sisi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun, pemahaman tentang asesmen diagnostik dari tahap penyusunan instrumen, pelaksanaan, analisis sampai tindak lanjut yang masih minim menjadi faktor penghambat guru dalam melaksanaan asesmen diagnostik mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Kata Kunci : Pelaksanaan , Asesmen diagnostik, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Asesmen diagnostik
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 May 2024 08:06
Last Modified: 17 May 2024 08:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21095

Actions (login required)

View Item View Item