Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Akhlak Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 01 Gunung Talang

Ramadani, Dewi Laily (2024) Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Akhlak Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 01 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (SRISPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik yang sudah mendapatkan pembelajaran profil pelajar Pancasila tetapi mempunyai akhlak kurang baik seperti ketika mereka mengobrol dengan teman sebayanya menggunakan kata yang kurang sopan, kurangnya rasa hormat terhadap guru, suka mengejek teman, dan sering keluar kelas pada saat jam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran profil pelajar Pancasila terhadap akhlak peserta didik di kelas VIII SMPN 01 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMPN 01 Gunung Talang. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengambilan random sampling berjumlah 61 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan uji coba menggunakan validitas dan relibilitas. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji t. Hasil penelitian, pembelajaran profil pelajar Pancasila dari 61 responden sebagian besar berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase frekuensi terbanyak sebesar 77%. Akhlak peserta didik dari 61 responden sebagian besar juga berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase frekuensi terbanyak sebesar 72%. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jika sig < 0,05, maka Ha diterima dan H0 di tolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap akhlak peserta didik di kelas VIII SMPN 01 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Projek Penguatan Profil Palajar Pancasila, Akhlak Peserta Didik
Subjects: Agama Islam > Akhlak
U Umum (General) > Pendidikan
Agama Islam > Akhlak > Akhlak Berdasarkan Naqli
Agama Islam > Akhlak > Akhlak Berdasarkan Aqli
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 23:34
Last Modified: 31 Mar 2024 23:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21069

Actions (login required)

View Item View Item