HUBUNGAN RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN DI G-SPORTS CENTER PADANG

Lia Monica, Marliana (2018) HUBUNGAN RELATIONSHIP MARKETING DENGAN LOYALITAS PELANGGAN DI G-SPORTS CENTER PADANG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover, persetujuan pembimbing, halaman pengesahan, Abstrak)
Cover dll.pdf - Published Version

Download (881kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Halaman Persembahan)
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Gabungan)
lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “HubunganRelationship Marketing dengan Loyalitas Pelanggan di G-Sports Center Padang”, yang disusun oleh Lia Monica Marliana, NIM 1313060456. Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2018. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah perubahan dalam dunia usaha yang semakin cepat mengharuskan perusahaan untuk merespon perubahan yang terjadi. Perusahaan sangat membutuhkan pelanggan yang loyal karena hal tersebut mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk dapat tetap survive, bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebuah perusahaan untuk menciptakan loyalitas pelanggan adalah membina dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengenali dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui strategi pemasaran yang disebut Relationship Marketing.Relationship marketing itu sendiri menekankan pada pelanggan, jangka panjang, pelayanan pelanggan, komitmen pada pelanggan, kontak pada pelanggan dan kualitas.Relationship Marketing dalam penelitian ini ditinjau dari variabel Trust (kepercayaan), Commitment (komitmen), dan Communication (komunikasi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Trust (X1), Commitment (X2),dan Communication(X3) dengan Loyalitas pelanggan (Y) di G-Sports Center Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan Assosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah menggunakan memberhip card(kartu member) di G-Sports Center Padang yang berjumlahkan 383 dari tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikpurposive sampling melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Produk Moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust berhubungan sangat kuatdan signifikan dengan loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian korelasi PPMsebesar 0.995 dan nilai signifikansi sebesar 0.000, Commitmentmemiliki hubungan sedang dan signifikan dengan loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan hasil pengujian korelasi PPMsebesar 0.529 dan nilai signifikansi sebesar 0.000, dan Communicationberhubungan sedang dan signifikan dengan loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan hasil pengujian korelasi PPMsebesar 0.587 dan nilai signifikansi sebesar 0.000. Angka Adjusted R Square sebesar 0.913 menunjukkan bahwa 91.3 % terdapat hubungan antara variabel loyalitas pelanggan dengan variabelTrust, Commitment, danCommunication. Sedangkan sisanya 8.7 % hubungannya terdapat pada variabellain. Kata kunci : Relationship Marketing (Trust, Commitment, Communication), Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 23 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2018 08:09
Last Modified: 26 Apr 2018 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item