Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Solok Selatan

Ul Husna, Anisa (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER -DAFTAR ISI)
COVER- DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB V -DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Skripsi Anisa full)
Skripsi Anisa Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang problematika pembelajaran PAI yang terdapat di kelas X SMAN 4 Solok Selatan. Mengetahui tentang tindakan yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI di kelas X SMAN 4 Solok Selatan. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Solok Selatan. Peneliti mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan cara melaksanakan riset dilapangan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi, dan wawancara dengan partisipan penelitian yang di tujukan kepada 2 orang guru PAI, kepala sekolah, dan 4 orang peserta didik kelas X, serta analisis dokumen yang terkait. Adapun teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dengan menempuh langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu pertama kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran PAI, kedua peserta didik yang tidak menghormati guru dalam proses pembelajaran PAI, ketiga peserta didik yang masih kesulitan membaca Al Qur,an. Adapun tindakan guru dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI di kelas X SMAN 4 Solok Selatan yaitu pertama menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran yang menarik, kedua memberikan apresiasi atau reward kepada peserta didik, ketiga melakukan pendekatan kepada peserta didik, keempat memberikan teguran serta nasehat, kelima mengajarkan nilai-nilai akhlak sopan santun, keenam dengan mengadakan bimbingan kelompok, ketujuh diadakannya ekstrakurikuler baca tulis Alquran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:40
Last Modified: 31 Mar 2024 01:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item View Item