Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Program Forum Ar-Rijal dan An-Nisa Oleh Guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tanah Datar

Putra, Agung (2024) Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Program Forum Ar-Rijal dan An-Nisa Oleh Guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
SKRIPSI Cover 02.pdf - Published Version

Download (775kB)
[img] Text (BAB 1)
Skripsi bab 1 03.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI bab III 04.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
SKRIPSI bab V 05.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI Agung Hamidi Putra Full 01.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya krisis akhlak di era moderen ini, terutama setelah melewati masa pandemi Covid-19 dan pelaksanaan pembelajaran secara online atau daring. Hal ini menyebabkan penurunan kualitas kedisiplinan dan akhlak siswa, dengan demikian salah satu cara guru MAN 1 Tanah Datar dalam membina akhlak siswa yaitu dengan membuat suatu program khusus yang bertujuan untuk membina akhlak siswa. Program yang dibentuk ini dinamakan program forum Ar-Rijal dan An-Nisa. Fokus pada penelitian ini adalah pembinaan akhlak siswa melalui program forum Ar-Rijal dan An-Nisa di MAN 1 Tanah Datar. Pada penelitian ini terdapat tiga batasan penelitian yaitu: 1. Perencanaan kegiatan forum Ar-Rijal dan An-Nisa dalam membina akhlak siswa di MAN 1 Tanah Datar ?. 2. Pelaksanaan program forum Ar-Rijal dan An-Nisa terhadap siswa MAN 1 Tanah Datar?. 3. Dampak forum Ar-Rijal dan An-Nisa terhadap akhlak siswa MAN 1 Tanah Datar?. Penelitian ini bertujuan: 1. Menganalisis perencanaan forum Ar-Rijal dan An-Nisa dalam pembinaan Akhlak siswa. 2. Menganalisis pelaksanaan forum Ar-Rijal dan An-Nisa dalam pembinaan akhlak siswa MAN 1 Tanah Datar. 3. Untuk menganalisis dampak forum Ar-Rijal dan An-Nisa dalam pembinaan akhlak siswa MAN 1 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yakni penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, dan situasi sosial yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Tanah Datar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang memenuhi standar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Adanya persiapan sebelum program forum Ar-Rijal dan An-Nisa dilaksanakan, persiapan tersebut berupa menyiapkan pengajar, materi ajar, menentukan waktu dan tempat pelaksanaan. Kedua, pelaksanaan forum Ar-Rijal dan An-Nisa dimulai dari pembacaan do’a belajar, evaluasi, tadarus Al-Qur’an, tausiah dan do’a kafaratul majlis. Ketiga, adanya perubahan akhlak siswa kearah yang lebih baik dalam bidang akhlak terhadap Allah SWT dan beribadah, akhlak terhadap sesama dan lingkungan, dan akhlak terhadap kedisiplinan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak dan forum Ar-Rijal dan An-Nisa.
Subjects: Agama Islam > Akhlak
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:39
Last Modified: 31 Mar 2024 01:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20960

Actions (login required)

View Item View Item