MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS ISLAM DALAM MEMBINA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI PASAMAN BARAT

Nur, Muhammad (2024) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS ISLAM DALAM MEMBINA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI PASAMAN BARAT. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
BAB I YES.docx - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III YES.doc - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V YES.docx - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (Cover-Daftar Pustaka)
LENGKAP_240330_122232.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan awal yang menunjukkan bahwa kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Pasaman Barat, masih belum sejalan dengan kualifikasinya sesuai dengan standard dan kriteria yang ditetapkan. Meskipun pelatihan dan pembinaan mereka sering diiikutsertakan melalui workshop yang dilaksanakan pada sekolah dan juga di luar sekolah tempat ia bekerja, namun realitasnya masih banyak guru yang tidak disiplin, pemalas, sering meninggalkan kelas, berpakaian kurang rapi, mau menang sendiri, kurang menghormati orang lain, tidak menghargai pendapat orang lain, pemarah, cuek dengan keadaan sekeliling, puas dengan apa yang telah dimiliki, dan tidak mau tahu dengan kegiatan madrasah. Idealnya guru yang sudah memiliki kualifikasi dan kompetensi serta diberi pelatihan dapat meningkatkan hasil belajar siswanya. Namun kenyatannya masih ada lulusan yang memperoleh nilai yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah lebih dalam tentang manajemen sumberdaya manusia dalam meningkatkan kompetensi guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan peningkatan kompetensi guru yang berbasis Islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan Focus Group Discussion (FGD). Teknik pengujian dan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian 1) manajemen sumberdaya manusia dalam membina kompetensi keperibadian guru madrasah tsnawiyah terdiri a) perencanaan oleh kepala madrasah melalui lokakarya dan kemudian ditetapkan sebagai program, b) pelaksanaan dilakukan melalui sosialisasi persiapan pembelajaran yang menekankan yang meningkatkan kompetensi keperibadian, menjelaskan tugas guru, mengatur jadwal evaluasi, memberikan bimbingan secara langsung, memerintahkan guru membuat bahan ajar, memberikan bimbingan secara umum dalam mengatasi problematika siswa dan c) penilaian dilakukan dengan cara menindaklanjuti hasil supervise observasi kelas dengan memberikan pembinaan lanjutan, 2) pembinaan berbasis Islami dilakukan meningkatkan kompetensi guru a) manajemen SDM berbasis Islami dengan memahami sikap dan perilaku yang Islami dan menerapkannnya dalam dunia Pendidikan, b) meningkatkan kompetensi guru madrasah sehingga lahir siswa yang unggul dan Islami, c) memfungsikan manajemen sumber daya manusia berorientasi pada pembinaan kompetensi guru d) pelaksanaan manajemen sumber daya manusia berbasis Islami dimulai dengan membina kesadaran guru melaksanakan tanggungjawabnya, meningkatkan kompetensi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Islam, Kepribadian Guru, SDM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:05
Last Modified: 29 Apr 2024 06:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item