Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA / MA

Khairatul, Fauziah (2024) Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA / MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (952kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB 5-Dapus)
BAB 5-Dapus.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan abad 21, diantaranya menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif, Namun kenyataan dilapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik Indonesia masih dalam kategori rendah. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar yang digunakan kurang menarik. Maka solusinya dengan menggunakan bahan ajar yang inovatif yang mendukung keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Salah satu bahan ajar yang mendukung kemampuan berpikir kritis dan kreatif adalah dengan menggunakan e-modul berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Pada penelitian pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan dan studi literature. Pada tahap pengembangan dilakukan dengan mendesain prototype, evaluasi formatif, dan revisi prototipe. Pada tahap penilaian dilakukan uji praktikalitas kepada peserta didik dan pendidik serta praktikalitas keterlaksanaan. Data yang di peroleh berdasarkan observasi, angket dan wawancara dari 2 orang pendidik fisika, 20 orang peserta didik kelas X MAN 1 Padang Panjang. Dalam analisis angket dilakukan secara kuantitatif dari angket dan kualitatif dari saran yang di berikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis problem based learning sudah valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Kevalidan e-modul tersebut mempunyai rata-rata 90% dari segi materi, konstruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul tersebut mempunyai nilai rata-rata 91,5 % dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keterlaksanaan problem based learning dalam pembelajaran berada dalam kategori “ sebagian besar terlaksana” dan percentages of agreement untuk sesi I berada pada kriteria Good Agreement 75%. Jadi, e-modul yang dikembangkan sudah valid dan praktis, sehingga bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Kata kunci : E-modul, Problem based learning, Berpikir kritis, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: e-modul, problem based learning, berpikir kritis, berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:33
Last Modified: 31 Mar 2024 01:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20939

Actions (login required)

View Item View Item